RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
bahasa
Indonesia Di Kelas Rendah
Dosen
Pengampu : Iis Aprinawati, M.Pd
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
Oleh
Nama : NOR DIANA NATASYA
Nim :
1586206020
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PAHLAWAN
TUANKU TAMBUSAI RIAU
2016
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
SD/MI : SDN 001 Bangkinang Kota
Mata Pelajaran : bahasa Indonesia
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Pertemuan Ke : 1 x Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi
3. Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Membaca nyaring
suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
C.
Indikator
3.1.1
memperhatikan
suku kata
3.1.2memperhatikan
kata
3.1.3membaca nyaring
suku kata dengan lafal yang tepat
3.1.4 membaca nyaring
kata dengan lafal yang tepat
D.
Tujuan
Pembelajaran
3.1.1.1 dengan melihat
seksama, siswa mampu memperhatikan suku kata
3.1.2.1 dengan melihat
seksama, siswa mampu memperhatikan kata
3.1.3.1 dengan membaca, siswa
mampu membaca suku kata dengan lafal yang tepat
3.1.4.1 dengan membaca, siswa
mampu membaca kata dengan lafal yang tepat
v Karakter
siswa yang diharapkan
- Disiplin
- Gemarmembaca
- Kerja
sama
E.
Materi
Pokok
· Membaca
nyaring
F.
Kegiatan
Pembelajaran
a. Pendekatan : Pembelajaran Langsung
b. Metode : - Ceramah
- Praktek
- Tanya
Jawab
- Penugasan
G.
Langkah
– Langkah Kegiatan
a. Kegiatan
awal (±10 menit)
· Guru
menyapa siswa dengan salam, lalu mengajak seluruh siswa berdoa dengan
kepercayaan siswa masing – masing untuk mengawali pelajaran
· Guru
mengabsen siswa
·
Guru
memberikan motivasi dengan mengajak siswa menyanyi bersama
·
Guru
bersama siswa menyanyikan lagu “Huruf”
·
Guru
mengingatkan siswa bentuk huruf
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
inti (±15 menit)
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, siswa dan guru :
· Guru dan
siswa mengamati suku kata dan kata
· Siswa secara
bergiliran membaca kembali suku kata dan kata dengan suara nyaring dan lancar
· Guru menunjukkan
cerita pendek “AKU SUKA MEMBACA”
· Guru
membaca baris demi baris suku kata dan kata dengan suara nyaring dan lancar.
2. Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, siswa :
· Siswa
secara bergiliran membaca cerita pendek “AKU SUKA MEMBACA” dengan suku kata dan
kata dari peraga dengan suara nyaring dan lancar.
· siswa
bersama-sama membaca kembali cerita pendek “AKU SUKA MEMBACA” dengan suku kata
dan kata dengan suara nyaring dan lancar
3. Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
· Guru
menanyakan kepada siswa siapa yang belum mengerti
· Guru
mencoba kembali meminta siswa secara acak untuk menyampaikan apa yang didapati
oleh siswa selama proses pembelajaran
c. Kegiatan
akhir (±10 menit)
· Guru
memberikan siswa tugas dan mengerjakan di sekolah secara individu.
· Guru
memberi penghargaan kepada siswa yang berani mengerjakan tugas kedepan
· Guru
mengucapkan salam lalu berdoa sesudah belajar
H.
Alat
dan Sumber Belajar
Alat : Infokus
Sumber Belajar :Buku bahasa Indonesia
SD kelas 1, penerbit erlangga.
I.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik
· Test
Tertulis
b. Instrumen
· Soal
(Objektif)
· Kunci
Jawaban
Soal Objektif
1. Meong
meong adalah suara ...
A. Kucing B. Anjing C. Ayam
2. Buah
pisang berwarna ...
A. Merah B.
Kuning C.
Biru
3. N
– o – r – a – k
Susunan kata yang benar
adalah ...
A. Rakon B. Karon C. Koran
4. Ibu
membuat kue. Kata bergaris bawah terdiri dari huruf ...
A. m – e – m – b – u –
a – t
B. m – e – n – b – u –
a – t
C. m – e – n – g – b –
u – a – t
5. Orang
tua kita adalah ...
A. ayah dan ibu B. paman dan bibi C. Kakek dan nenek
6. Pe
– tak – um – pet
Suku kata di atas
membentuk kata ...
A. pe takumpet B. petak umpet C. Petak petum
7. Agar
mengenal teman kamu bisa ...
A. berkenalan B. menyendiri C. Mengejek teman
8. Pertama
kali berkenalan kamu menyebut ...
A. namamu B. nama
ayahmu C. Nama adikmu
9. Saat
diberi hadiah kamu mengucapkan ...
A. mengucap salam B. terima kasih C. Menolak
10. Pada
hari senen seragam sekolahmu berwarna ... dan ...
A. coklat dan hitam B. biru dan putih C. Merah dan putih
Kunci
Jawaban
1. A.
Kucing
2. B.
kuning
3. C.
Koran
4. A.
M – e – m – b – u – a – t
5. A.
Ayah dan ibu
6. B.
petak umpet
7. A.
Berkenalan
8. A.
Namamu
9. B.
Terima Kasih
10. C.
Merah dan putih
1. Format
Penilaian Ranah Efektif
No
|
Nama
|
Disiplin
|
Percaya Diri
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||||
5
SB
|
4
B
|
3
C
|
2
K
|
1
SK
|
5
SB
|
4
B
|
3
C
|
2
K
|
1
SK
|
5
SB
|
4
B
|
3
C
|
2
K
|
1
SK
|
|||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||
6
|
Isi tanda (ceklis) padakolompenilaianaspekdisiplin, percayadiri, dantanggungjawab.
2.
Format Penilaian Ranah Psikomotor
No
|
Nama
|
Keberanian
|
Kerja Sama
|
Partisipasi
|
|||||||||||||
5
SB
|
4
B
|
3
C
|
2
K
|
1
SK
|
5
SB
|
4
B
|
3
C
|
2
K
|
1
SK
|
5
SB
|
4
B
|
3
C
|
2
K
|
1
SK
|
|||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||
6
|
Isi tanda (cekils) padakolompenilaianaspekkeberanian,kerjasama,
danpartisipasi.
Keterangan
1 : SK
(Sangat Kurang) = 0 - 39
2 : K
(Kurang) = 40 - 59
3 : C
(Cukup) = 60 - 74
4 : B
(Baik) = 75 - 85
5 : SB
(Sangat Baik) = 86 – 100
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
…….... , ………………… 20…
Guru Kelas I
(NOR DIANA
NATASYA)
NIM : 1586206020
|
1 komentar:
terimakasih
Posting Komentar