RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tematik
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPS SD
Dosen
Pengampu : Rizki Ananda, M.Pd
Oleh
Nama : NOR DIANA NATASYA
Nim :1586206020
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PAHLAWAN
TUANKU TAMBUSAI RIAU
2016
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Tematik
SD/MI : SDN 001 Bangkinang Kota
Tema : HEWAN
Kelas / Semester : II / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
Standar
Kompetensi
IPS
1. Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
IPA
1. Mengenal bagian –
bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta
berbagai tempat hidup makhluk hidup
PKN
1. Membiasakan hidup
bergotong royong
B.
Kompetensi
Dasar
IPS
1.1 memelihara dokumen
dan koleksi benda berharga miliknya
IPA
1.1 mengenal bagian –
bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
PKN
1.1 mengenal pentingnya
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
C.
Indikator
IPS
1.1.1 menyebutkan
dokumen miliknya
1.1.2 menyebutkan
koleksi benda berharga miliknya
1.1.3 memelihara
dokumen miliknya
1.1.4 memelihara
koleksi benda berharga miliknya
IPA
1.1.1 mengenal bagian –
bagian utama hewan di sekitar rumah
1.1.2 mengenal bagian –
bagian utama hewan di sekitar sekolah
1.1.3 mengenal bagian –
bagian utama tumbuhan di sekitar rumah
1.1.4 mengenal bagian –
bagian utama tumbuhan di sekitar sekolah
1.1.5 menyebutkan
bagian – bagian utama hewan di sekitar rumah
1.1.6 menyebutkan
bagian – bagian utama hewan di sekitar sekolah
1.1.7 menyebutkan
bagian – bagian utama tumbuhan di sekitar rumah
1.1.8 menyebutkan
bagian – bagian utama tumbuhan di sekitar sekolah
1.1.9 menjelaskan
bagian – bagian utama hewan di sekitar rumah
1.1.10 menjelaskanbagian
– bagian utama hewan di sekitar sekolah
PKN
1.1.1 mengenal
pentingnya hidup rukun
1.1.2 mengenal
pentingnya saling berbagi
1.1.3 mengenal
pentingnya tolong menolong
1.1.4 menjelaskan
pentingnya hidup rukun
1.1.5
menjelaskanpentingnya saling berbagi
1.1.6 menjelaskan
pentingnya tolong menolong
D.
Tujuan
Pembelajaran
IPS
1.1.1.1 melalui tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan 2 dokumen miliknya
1.1.2.2melalui tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan 3 koleksi benda berharga miliknya
1.1.3.3 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat memelihara dokumen miliknya
1.1.1.4 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat memelihara koleksi benda
berharga miliknya
IPA
1.1.1.1 melalui
diskusi, siswa dapat mengenal bagian – bagian utama hewan di sekitar rumah
1.1.2.2melalui diskusi,
siswa dapat mengenal bagian – bagian utama hewan di sekitar sekolah
1.1.3.3melalui diskusi,
siswa dapat mengenal bagian – bagian utama tumbuhan di sekitar rumah
1.1.4.4 melalui
diskusi, siswa dapat mengenal bagian – bagian utama tumbuhan di sekitar sekolah
1.1.5.5 melalui tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan 5 bagian – bagian utama hewan disekitar rumah
1.1.6.6 melalui tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan 5 bagian – bagian utama hewan disekitar sekolah
1.1.7.7 melalui tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan 5 bagian – bagian utama tumbuhan di sekitar
rumah
1.1.8.8 melalui tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan 5 bagian – bagian utama tumbuhan di sekitar
sekolah
1.1.9.9 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan bagian – bagian
utama hewan di sekitar rumah
1.1.10.10 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan bagian – bagian
utama hewan di sekitar sekolah
1.1.11.11 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan bagian – bagian
utama tumbuhan di sekitar rumah
1.1.12.12 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan bagian – bagian
utama tumbuhan di sekitar sekolah
PKN
1.1.1.1 melalui
diskusi, siswa dapat mengenal pentingnya hidup rukun
1.1.2.2 melalui
diskusi, siswa dapat mengenal pentingnya saling berbagi
1.1.3.3 melalui
diskusi, siswa dapat mengenal pentingnya tolong menolong
1.1.4.4 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya hidup
rukun
1.1.5.5 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya saling
berbagi
1.1.6.6 dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya tolong
menolong
v Karakter
siswa yang diharapkan
-
Aktif
-
Tanggung jawab
-
Keberanian
E.
Materi
Pokok
IPS
· Dokumen
dan koleksi benda berharga miliknya
IPA
· bagian
– bagian utama hewan dan tumbuhan
PKN
· hidup
rukun, saling berbagi dan tolong menolong
F.
Pendekatan
/ metode pembelajaran /model pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
approach / pendekatan saintifik
2. Metode
pembelajaran : - Ceramah
- Diskusi
- Tanya
Jawab
- Penugasan
3. Model
pembelajaran :Demonstration
G.
Langkah
– langkah kegiatan
a. Kegiatan
awal ( ±10 menit )
1. Guru
memberi salam dan mengajak siswa untuk merapikan tempat duduknya
2. Guru
mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan kepercayaan masing – masing
3. Guru
mengecek kehadiran siswa
4. Guru
mempersiapkan materi, model dan alat peraga
5. Guru
menyampaikan materi yang akan diajarkan
b. Kegiatan
inti ( ±50 menit )
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, siswa dan guru :
6. Guru
bersama siswa menyanyikan lagu “dua mata saya” dan menyanyikan lihat kebunku
7. Guru
menunjukkan gambar bagian – bagian hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan di
sekolah
·
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, siswa :
8. Siswa
dapat menyebutkan bagian – bagian hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan di
sekolah
9. Siswa
saling tanya jawab dan dapat menunjukkan bagian – bagian hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah dan di sekolah
10.
Siswa saling tanya
jawab, untuk menyebutkan dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
11.
Siswa bercerita, cara siswa memelihara dokumen
dan koleksi benda berharga miliknya
12.
Siswa membahas sebuah permasalahan tentang
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
13.
Siswa berdiskusi tentang pentingnya mengenal
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa dan guru :
14. Guru
menanyakan kepada siswa tentang hal yang belum siswa mengerti dan faham
15. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pahaman
16. Guru
bersama siswa membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan
17. Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa
18. Siswa
membaca doa sesudah belajar dan guru mengucapkan salam
H.
Alat
peraga / media pembelajaran dan sumber belajar
Alat peraga / media
belajar
· Media
gambar berbagai macam gambar dokumen, benda berharga, bagian – bagian hewan
& tumbuhan, hidup rukun, saling berbagi, tolong menolong
Sumber Belajar
·
Buku panduan belajar
Tematik SD untuk kelas II semester I, Hilda Karli. Margaretha Sri
Yuliariatiningsih, penerbit erlangga
I.
Penilaian
hasil belajar
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh instrumen
|
|
IPS
1.1.1 menyebutkan dokumen dan koleksi
benda berharga miliknya
1.1.2 menjelaskan dokumen dan koleksi
benda berharga miliknya
1.1.3 mengaitkan dokumen dan koleksi
benda berharga miliknya
|
· Test lisan
· Test tertulis
|
Uraian / essai
· Objektif
· Bebas
|
1. sebutkan dokumen
dan koleksi benda berharga milik diri kamu
2. jelaskan apa itu dokumen dan koleksi benda
berharga
3. apa kaitannya dokumen dan koleksi benda
berharga
|
IPA
1.1.1 mengidentifikasikan bagian –
bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
1.1.2 menjelaskan bagian – bagian
utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
1.1.3 menyebutkan bagian – bagian
utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
|
· Test lisan
· Test tertulis
|
Uraian / essai
· Objektif
· Bebas
|
1. bagaimana mengidentifikasikan
bagian – bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
2. jelaskan bagian
– bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
3. sebutkan
bagian – bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
|
PKN
1.1.1 menjelaskan pentingnya hidup
rukun, saling berbagi dan tolong menolong
1.1.2 menunjukkan hidup rukun, saling
berbagi dan tolong
1.1.3 menerapkan hidup rukun, saling
berbagi dan tolong menolong
|
· Test lisan
· Test tertulis
|
Uraian / essai
· Objektif
· Bebas
|
1. jelaskan pentingnya hidup rukun, saling berbagi
dan tolong menolong
2. coba anda tunjukkan hidup rukun, saling berbagi
dan tolong
3. bagaimana cara kita menerapkan hidup rukun,
saling berbagi dan tolong menolong
|
a. Objektif
IPS
1.
Surat tanah merupakan contoh ....
a. koleksi b.
penting c. dokumen
2.
Dokumen diri yang harus kita bawa setiap saat adalah ....
a. Kartu keluarga b.
KTP c. Rapor
3.
Mengumpulkan uang kuno termasuk ....
a. koleksi b.
menabung c. pemeliharaan
4. Salah
satu cara merawat koleksi benda keluarga yaitu ....
a. dibiarkan b.
ditumpuk c. dibersihkan
debunya
5. KTP
dan SIM supaya awet harus ....
a. dibungkus b.
dilaminating c. dipanaskan
6.
Dokumen yang dijadikan alat kenangan adalah ....
a. KTP b.
akta c. foto
7. Yang
bukan termasuk benda koleksi adalah ....
a. uang kuno b.
Kartu keluarga c. buku
8.
Dokumen dan benda koleksi harus disimpan di ....
a. tempat panas b.
tempat kering c. tempat lembab
9. Rapor
termasuk ....
a. koleksi b.
surat penting c. dokumen
10. Akta
kelahiran termasuk ke dalam ....
a. dokumen b.
koleksi c. surat lahir
IPA
1.
hewan yang hidup di sekitar rumahmu adalah ...
a. harimau b.
ayam c.
ular
2.
hewan yang tidak punya kaki adalah ...
a. burung b. itik c. ular
3. ikan bernafas
melalui ....
a. hidung b. insang c. mulut
4. hewan yang
berleher panjang adalah ...
a. jerapah b. ular c. ayam
5. bagian –
bagian utama hewan ayam adalah ...
a. kaki b.
kulit c.
lidah
6. tumbuhan yang
bisa memperindah halaman rumah adalah ...
a. sayur b.
rumput c.
bunga
7. bunga yang
terkenal dengan keharuman dan kewangian adalah ...
a. kaktus b.
melati c.kemboja
8. bunga yang
hidup di air adalah ...
a. teratai b. mawar c.matahari
9.
tumbuhan yang rasanya pedas adalah ...
a. bawang b. cabe c. kunyit
10. tumbuhan
yang bisa membuat badan sehat adalah ...
a.bunga b.
rumput c. Sayur
PKN
1. terhadap teman yang
berlainan agama kita harus ...
a. saling menghormati b. bermusuhan c. bertengkar
2. Sesama teman kita harus
...
a. Rukun b. Mengejek c. Berebut
3. Kehidupan harmonis di
sekolah harus kita ...
a.
Ciptakan b.
Rusak c. Iklankan
4. Binatang yang suka bekerja
sama adalah ...
a.
Harimau b.
Semut c. Kuda
5. Manfaat tolong menolong
antarsesama manusia adalah ...
a. Agar
dihormati b. Dipuji c. Mempererat persaudaraan
6. Supaya lingkunganku bersih
aku harus membuang sampah ...
a.
Sembarangan b. Ke tempat sampah c. Ke tempat tetangga
7. Bila tanaman layu maka aku
harus segera ...
a.
Mencabutnya b. Memupuknya c. Menyiramnya
8. Tuhan menciptakan alam
semesta untuk ...
a.
Manusia b. Tumbuh
tumbuhan c. Hewan
9. Pupuk bagi tanaman
berfungsi sebagai
a.
Penyubur tanaman b. Pelindung tanaman c. Memperindah tanaman
10. Tanah yang gersang dan
gundul harus
a.
Digunakan untuk lapangan
b.
Dilakukan penghijauan
c.
Dibiarkan saja tetap terlantar
Kunci
jawaban
IPS
1.
C. Dokumen 6.
C. Foto
2.
B. KTP 7.
B. Kartu Keluarga
3.
A. Koleksi 8.
B. Tempat Kering
4.
C. Dibersihkan debunya 9. B.
Surat Penting
5.
A. Dibungkus 10.
A. Dokumen
IPA
1.
B. ayam 6. C. Bunga
2.
C. ular 7. B.
mawar
3.
B. insang 8. A.
teratai
4.
A. jerapah 9. B. cabe
5.
A. Kaki 10. C. sayur
PKN
1. A. Saling menghormati 6. B. ketempat sampah
2. A. Rukun 7. C. Menyiramnya
3. A. Ciptakan 8. A. Manusia
4. B. Sumut 9. Penyubur Tanaman
5. C. Mempererat Persaudaraan 10. Dilakukan Penghijaun
b. Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Siswa bertanya
|
Siswa meribut
|
Menyontek
|
Siswa yang pasif
|
Siswa yang aktif
|
c. Lembar
Penilaian
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||||
Pengatahuan
|
Sikap
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
J. kriteria
Penilaian
a. Produk
(hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
b. Performansi
No
|
Aspek
|
kriteria
|
Skor
|
1
|
Pengatahuan
|
* Pengetahuan
* kadang – kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
|
4
2
1
|
2
|
Praktek
|
* aktif praktek
* Kadang – kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
|
3
|
Sikap
|
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
|
Mengatahui Bangkinang, 11 - 05 –
2016
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
( ) (NOR
DIANA NATASYA)
NIP .
..................... NIM
.1586206020
Materi Ajar
IPS
KTP : Kartu Tanda
Penduduk
KK : Kartu
Keluarga
SIM : Surat Izin
Mengemudi
STNK : Surat Tanda Nomor Kendaraan
BPKB : Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor
Dokumen diri
Akte Kelahiran
KTP :
Kartu Tanda Penduduk
Raport
Dokumen Keluarga
KK :
Kartu Keluarga
Sertefikat rumah
IMB
Akte Kelahiran di dalamnya ada informasi :
Nama lengkap
Jenis kelamin
Tempat tanggal lahir
Nama ayah
Nama ibu
Benda-benda koleksi
Lukisan
Guci
Komik
Perangko
Foto
Nilai penting dokumen sebagai :
Kenang-kenangan (foto)
Tanda pengenal (kartu pelajar)
Tanda bukti (Ijazah)
Benda disebut berharga karena :
Kenangan
Benda langka
Barang kesayangan
Semua dokumen itu sangat penting.
Dokumen itu harus disimpan rapi
Dokumen itu tidak boleh hilang dan rusak
IPA
Menentukan jenis hewan berdasarkan lingkungan
hidupnya :
No
|
Hewan yang terlihat
|
||
di pohon
|
di tanah
|
di air
|
|
1
|
burung
|
kambing
|
buaya
|
2
|
tupai
|
ular
|
ikan
|
3
|
monyet
|
tikus
|
penyu
|
No
|
hewan yang tidak
terlihat
|
||
di pohon
|
di tanah
|
di air
|
|
1
|
semut merah
|
Ulat tanah
|
Hiu
|
2
|
belalang/lebah
|
Tikus tanah
|
Gurita
|
3
|
ulat bulu
|
cacing
|
Ubur-ubur
|
Bagian – bagian tubuh
hewan dan kegunaannya
No
|
Bagian tubuh kucing
|
Kegunaan
|
|
1
|
Kaki
|
Berjalan
|
|
2
|
Mulut
|
Mengambil makanan
|
|
3
|
telinga
|
mendengar
|
|
No
|
Bagian tubuh Burung
|
Kegunaan
|
|
1
|
Sayap
|
Terbang
|
|
2
|
Paruh
|
Makan
|
|
3
|
mata
|
Mengambil makanan
|
No
|
Bagian tubuh ikan
|
Kegunaan
|
|
1
|
Sirip
|
Berenang
|
|
2
|
Mulut
|
Mengambil makanan
|
|
3
|
insang
|
Untuk bernafas dalam air
|
|
4
|
ekor
|
Untuk membelok
|
Bagian-bagian
tubuh hewan secara umum dibagi menjadi tiga yaitu :
· Kepala
· Anggota
gerak terdiri dari : kaki, sayap, dan sirip
· Badan
Berdasarkan
makanannya, hewan
dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
· Hewan
pemakan daging (karnivora), contohnya kucing, anjing, ularm, elang, harimau
· Hewan
pemakan tumbuhan (herbivora), contohnya burung beo, kambing, sapi
· Hewan
pemakan segala bisa tumbuhan maupun hewan (omnivora) contohnya tikus, ayam
Mengelompokkan
hewan berdasarkan makanannya
No
|
Hewan pemakan rumput
|
Hewan pemakan daging
|
Hewan pemakan biji -
bijian
|
|
1
|
Sapi
|
Elang
|
Burung
|
|
2
|
Kambing
|
Harimau
|
Ayam
|
|
3
|
kuda
|
srigala
|
bebek
|
Hewan –
hewan yang mudah ditemui sesuai dengan kelompoknya di bawah ini
No
|
Di sekitar kita
|
Di desa
|
Di hutan
|
|
1
|
Burung
|
kerbau
|
harimau
|
|
2
|
Semut
|
Sapi
|
Ular
|
|
3
|
Kucing
|
Kambing
|
singa
|
|
4
|
Tikus
|
Kuda
|
Srigala
|
|
5
|
kecoa
|
ayam
|
Orang utan
|
Manfaat
hewan bagi manusia :
· Dimanfaatkan
dagingnya, misalnya sapi, kambing, ayam
· Dimanfaatkan
telurnya, misalnya ayam, itik
· Dimanfaatkan
tenaganya, misalnya kerbau, sapi, kuda
· Dimanfaatkan
kulitnya, misalnya ular, sapi, buaya
· Dimanfaatkan
bulunya, misalnya domba
· Dimanfaatkan
keindahannya, misalnya burung, ikan hias
Manfaat
tumbuhan bagi manusia :
· Semua
tumbuhan hijau menghasilkan oksigen / udara bersih
· Sebagai
makanan hewan
· Menghasilkan
makanan pokok (padi, jagung, ubi, sagu)
· Menghasilkan
buah-buahanm misalnya pisang, mangga, jeruk
· Menghasilkan
bahan obat, misalnya jahe, kunyit, jambu biji
Bagian-bagian
utama tumbuhan adalah :
Akar :
untuk menghisap makanan
Batang :
untuk mengolah makanan
Daun :
Untuk tempat memproses makanan
Bunga :
alat perkembang-biakan tumbuhan
Biji/buah
Tanaman
yang ditanam dengan biji adalah :
· Jagung
· Rambutan
· Padi
· Pepaya
· Mangga
· Bunga
matahari
· Salak
Tanaman
yang ditanam dengan cara stek :
· Singkong
· Sirih
· Ubi
· Mawar
· Melati
Tanaman
yang ditanam dengan umbi :
· Kentang
· Bawang
Buah
yang memiliki biji lebih dari satu adalah :
· Pepaya
· Salak
· Semangka
Tanaman
yang tidak berbiji adalah:
· Kelapa
· Nanas
· Singkong
· Mawar
· Wortel
· Ubi
· Kentang
· Buah
bit
· Bengkuang
· Jahe
Ketika
akan menanam tanaman yang perli diperhatikan adalah :
· Bibit
/ biji harus bagus
· Tanah
subur
· Disiram
dan diberi pupuk
No
|
Nama tumbuhan
|
Tempat hidup
|
||
tanah
|
air
|
Tumbuhan lain
|
||
1
|
Jambu air
|
V
|
||
2
|
Tali putri
|
V
|
||
3
|
Rumput laut
|
V
|
||
4
|
Melati
|
V
|
||
5
|
Cemara
|
V
|
||
6
|
Teratai
|
V
|
||
7
|
jamur
|
V
|
||
8
|
Bunga matahari
|
V
|
||
9
|
Benali
|
V
|
||
10
|
Anggrek
|
V
|
Cara memelihara dan
merawat tumbuhan dengan cara :
· Disiram
· Mencabuti
rumput yang menganggu
· Memberi
pupuk
· Membasmi
hama
Bagian
– bagian tumbuhan yang berguna bagi manusia
No
|
Nama
tumbuhan
|
Bagian
yang berguna
|
|||
daun
|
bunga
|
buah
|
biji
|
||
1
|
Anggrek
|
V
|
|||
2
|
Pisang
|
V
|
V
|
||
3
|
Singkong
|
V
|
V
|
||
4
|
kopi
|
V
|
|||
5
|
padi
|
V
|
Kegunaan bagian-bagian tumbuhan :
· Daun
singkong : untuk bahan makanan
· Bunga
anggrek : untuk hiasan
· Biki/bulir
padi : untuk membuat nasi
· Buah
kelapa : untuk buat es kelapa
· Daun
teh : untuk membuat teh
· Bunga
: anggrek, dahlia, melati (untuk hiasan)
· Daun
: bayam, kangkung ( untuk sayur) daun kelapa , daun pisang (pembungkus makanan)
· Kayu
: kayu jati, kayu mahono (untuk bahan bangunan)
· Umbi
L singkong, ubi, kentang (untuk bahan makanan)
Tujuan merawat tumbuhan adalah :
· Agar
tanaman tumbuh subur
· Agar
tanaman selalu segar
· Agar
berbuah lebat
· Agar
berbunga indah
· Agar
bagian tumbuhan dapat berguna bagi manusia
Ciri-ciri pertumbuhan pada hewan :
· Bertambah
besar
· Bertambah
berat
· Bertambah
tinggi
· Muncul
jengger, taji atau tanduk
Cara merawat hewan :
· Membuatkan
kandang
· Membersihkan
kandang
· Memberi
makan
· Memasukkan
kedalam kandang
Cara bergerak hewan :
ikan --> berenang
kambing --> berjalan
ular --> melata
katak --> melompat
burung --> terbang
cicak --> merayap
Alat gerak hewan :
ular --> perut
katak --> kaki
burung --> sayap
siput --> perut
ikan --> sirip
nyamuk --> sayap
kelinci --> kaki
Manfaat yang dapat diambil dari
hewan :
· Ayam
daging : digoreng, dibuat opor
telur : digoreng, dipindang
bulu : dibuat kemoceng
kotoran : dijadikan pupuk kandang
· Sapi
daging : dibuat rendang, dibuat
semur
susu : dibuat keju, dna minuman
susu
tenaga : untuk bajak sawah
Kerbau
daging : disemur, dibuat soto
tenaga : untuk bajak sawah
· Kambing
daging : dibuat sate
susu : dibuat keju, dibuat minuman
susu
kulit : untuk kelit bedug
· Ikan
Hias
Ikanya : untuk dilihat
Hewan yang merugikan manusia :
Tikus : dapat menyebabkan penyakit
pes
Nyamuk : dapat menyebakan malaria
dan demam berdarah
Lalat : dapat menyebabkan diare
PKN
Bentuk kerukunan di rumah :
· Belajar
bersama
· Bermain
bersama
· Makan
bersama
· Pergi
wisata keluarga
· Membantu
memasak
· Menonton
TV bersama
Manfa
at hidup rukun dalam keluarga :
· Saling
menyayangi
· Pekerjaan
jadi cepat selesai
Manfaat tolong menolong :
· Pekerjaan
cepat selesai
· Pekerjaan
jadi mudah
· Pekerjaan
jadi ringan
· Saling
menyayangi
Contoh hidup rukun :
· Saling membantu dalam bekerja
· Tidak
membeda-bedaan teman bermain
· Bekerja
sama
· Tidak
mengejek dan menghina teman
Keuntungan hidup rukun dengan teman :
· Mempunyai
banyak teman
· Disenangi
teman
· Dipercaya
oleh teman
· Hidup
menjadi tenang, damai dan tentram
Akibat hidup tidak rukun :
· Tidak
mempunyai teman
· Hidup
tidak damai dan tidak tentram
Saling berbagi :
· Bebagi
makanan
· Berbagi mainan
· Berbagi
alat tulis
Contoh tolong menolong :
· Menolong
adik mengerjakan PR
· Menolong
ibu membawakan belajaan
Bentuk rukun di sekolah :
· Saling
berbagi
· Saling
meminjamkan alat tulis
· Saling
menolong
· Tidak
mengganggu teman sedang belajar
Ciri kerukunan :
· Saling
menyayangi
· Saling
menghormati
· Membina
hubungan yang baik
· Menghargai
hasil karya orang lain
Manfaat hidup rukun :
· Disayang
· Mempuyai
banyak teman
· Banyak
yang membantu
Akibat hidup tidak rukun :
· Tidak
disukai teman
· Tidak
mempunyai teman
Contoh
tolong menolong di sekolah :
· Menolong
teman mengangkat meja atau kursi
· Menolong
teman jatuh
· Membantu
buku-buku yang di bawa guru
· Menghapus
papan tulis
Contoh bantuan untuk korban banjir :
· Tenda
· Makanan
· Obat
· Selimut
· Minuman
Manfaat hewan bagi manusia :
· dimanfaatkan
dagingnya
· dimanfaatkan
telurnya
· dimanfaatkan
tenaganya
· dimanfaatkan
kulitnya
· dimanfaatkan
bulunya
· dimanfaatkan
keindahannya
Manfaat tumbuhan bagi manusia :
· Semua
tumbuhan hijau menghasilkan oksigen / udara bersih
· Sebagai
makanan hewan
· Menghasilkan
makanan pokok
· Menghasilkan
buah-buahan
· Menghasilkan
bahan obat
0 komentar:
Posting Komentar