RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan PKN SD
Dosen
Pengampu : Mufarizuddin, M.Pd
![]() |
|||||
![]() |
![]() |
||||
Oleh
Nama : NOR DIANA NATASYA
Nim :1586206020
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PAHLAWAN
TUANKU TAMBUSAI RIAU
2016
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
SD/MI : SDN 001 Bangkinang Kota
Mata Pelajaran : PKN
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Pertemuan : 1 x Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 menjelaskan
pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
C.
Indikator
2.2.1 Menjelaskan pentingnya
tata tertib di rumah dan di sekolah
2.2.2 Menyebutkan contoh
– contoh tata tertib di rumah dan di sekolah
2.2.3Menunjukkan tata
tertib di rumah dan di sekolah
D.
Tujuan
Pembelajaran
2.2.1.1
Dengan penjelasan siswa dapat menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan
di sekolah
2.2.2.2
Dengan media gambar, siswa dapat menyebutkan contoh – contoh tata tertib di
rumah dan di sekolah
2.2.3.3
Dengan media gambar, siswa dapat menunjukkan tata tertib di rumah dan di
sekolah
v Karakter
siswa yang diharapkan
-
Aktif
-
Tanggung jawab
-
Percaya diri
-
Keberanian
E.
Materi
Pokok
-
Tata tertib di rumah
dan di sekolah
F.
Pendekatan/metode
pembelajaran / model pembelajaran
a. Pendekatan : Scientific approach / pendekatan
saintifik
b. Metode : Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
Penugasan
c. Model : Numbered heads together
G.
Langkah
– langkah kegiatan
No
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1. guru menyapa siswa dengan salam “assalamualaikum wr.wb”
2. guru mengajak seluruh siswa berdoa “ketua siapkan, langsung bimbing
temannya untuk berdoa doa belajar”
3. guru mengabsen siswa satu persatu “putri airina, ratu airin
izora,....”
4. guru menanyakan kabar kepada siswa “apa kabar anak ibuk?”
5. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari “pada pagi hari ini
materi kita yaitu tata tertib di rumah dan di sekolah”
|
1. siswa menjawab salam “Wa’alaikum salam wr.wb”
2. siswa berdoa “rabbizikni ilman
warzukni fahman amin”
3. siswa memberi keterangan bagi yang hadir. “hadir bu,....”
4. siswa menjawab “sehat bu”
5. siswa menjawab “iya bu”
|
±
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi : kegiatan siswa dan guru
6. guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu bangun tidur. Anak – anak
ibu, sebelum kita belajar kita menyanyi. Mau anak ibuk menyanyi ? ayo kita
menyanyikan sama – sama
7. guru bercerita “anak – anak, ibu punya cerita tentang tadi pagi. Tadi
pagi ibu bangun jam 5 pagi, setelah itu ibu membersihkan tempat tidur,
menyapu rumah, mencuci piring, setelah itu ibu masak, setelah itu ibu mandi
dan siap – siap mau pergi ke sekolah. Sebelum pergi ke sekolah ibu sarapan
baru berangkat. Sampai di sekolah ibu jam 7.05 wib, ibu melihat siswa masuk
ke dalam kelas. Ada jalan kaki, ada pakai sepeda, ada di antar sama orang
tuanya ada yang pamit ortu nya, ada yang tidak pamit sama orang tuanya.
Pokoknya semua ibu liat. Pas jam 7.15 sampam menutup pintu upacara pun di mulai.
Jadi banyak lah anak yang terlambat. Setelah 5 menit mau selesai upacara, ibu
mengumpulkan siswa yang terlambat dan siswa yang tidak lengkap. Setelah itu
ibu melihat anak terlambat ada ngk di gosok baju nya, ada yang ngk di cuci
dan ada ngk pakai kaus. Ibu tanya mengapa tidak pakai kaus kaki nak ? kaus
saya hilang bu. Nah, sekarang anak ibu udah dengar cerita ibu kan ?
b. Elaborasi : kegiatan siswa
8. guru menanyakan kepada siswa tata tertin dirumah dan di sekolah. “anak
– anak ibu apa ituu tata tertib ?”
9. guru menjelaskan tata tertib. “Tata tertib adalah peraturan yang harus
dipatuhi dan di laksanakan, apabila di langgar mendapatkan sangsi (hukuman)
tata tertib di rumah adalah tata tertib yang harus dipatuhi seluruh anggota
rumah. tata tertib di sekolah adalah tata tertib yang harus di patuhi dan
dilaksanakan warga sekolah
10. guru membagi siswa menjadi 2 kelompok “anak – anak ayo sekarang ibu akan membagi anak – anak
ibu menjadi 2 kelompok. Sebelah kanan ibu kelompok pisang dan sebelah kiri
ibu kelompok apel”
11. guru menunjukkan gambar kepadasiswa “anak – anak ibu, dengarkan arahan
ibu dulu. Ini gambar, lalu diskusikan bersama temannya satu kelompok. Apa –
apa saja tata tertib di rumah dan di sekolahdan siswa melanggar tata tertib
di rumah dan di sekolah.Jangan sampai dengar suaranya di kelompok sebelah.
Nantik hasil diskusinya ketua kelompok menyampaikan ke depan. Faham ?
12. ketua kelompok maju kedepan, lalu membacakan hasil diskusinya. “ketua
kelompok pisang dan ketua kelompok apel maju kedepan”
13. guru menyebutkan tata tertib dan menjelaskan tata tertib di rumah dan
di sekolah
14. guru membiasakan dan menasehati siswa untuk melaksanakan tata tertib
di rumah dan di sekolah
c. Konfirmasi : guru
15. guru menanyakan kepada siswa siapa yang belum mengerti dan faham
“siapa anak ibuk yang belum mengerti atau belum paham selama ibuk menerangkan
tadi?”
16. guru dan siswa menarik kesimpulan pembelajaran pada hari ini bersama
– sama “anak – anak ibu selama proses pembelajaran berlangsung, apa – apa
saja yang anak ibu dapatkan”
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi : kegiatan siswa dan guru
6. siswa menyanyi bangun tidur
bersama – sama
7. siswa memperhatikan dan mendengarkan cerita dari guru
8. siswa menjawab “tata tertib adalah tata tertib yang harus di patuhi,
di taati dan dilaksanakan”
9. siswa memperhatikan penjelasan dari guru.
10. siswa memperhatikan penjelasan dari guru, dan langsung membentuk
sebuah kelompok
11. siswa memperhatikan gambar tersebut dan berdiskusi bersama teman -
temannya
12. ketua kelompok maju kedepan membacakan hasil diskusi
13. siswa mendengarkan penjelasan guru lalu tanya jawab bersama guru
14. siswa mendengarkan penasehat guru
c. Konfirmasi : guru
15.siswa menjawab “udah mengerti buk”
16. putri menjawab “ yang saya dapat tata tertib di rumah seperti
membantu ibu tata tertib di sekolah seperti tidak terlambat datang ke
sekolah”
|
±50 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
17. memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergiliran untuk
mengulangi kembali apa yang siswa dapat selama proses pembelajaran berjalan
“anak – anak ibu, selama proses pembelajaran berjalan apa yang anak ibu
dapatkan. Ayo anak – anak pintar ibu”
18. guru memberi tugas di rumah di buku paket “anak – anak ibu udah
mengerti tentang materi tata tertib di rumah dan di sekolah ? Jadi ada soal
latihan hal 4 ada soal 5bh dikerjakan dirumah. Ada lagi yang kurang faham ?
kalau belum mengerti tanyakan sama orang tuanya. Kalau orang tuanya tidak
mengerti tanyakan kepada ibu besok pagi. Paham nak. ”
19. guru mengucapkan salam lalu menyuruh anaknya berdoa sesudah
belajar”kayaknya anak ibuk udah kelaparan dan ngak sabar keluar main. Jadi
kita tutup pelajaran kita hari ini dengan membaca doa. Siapkan ketua kelas
dan bimbing temannya untuk doa sesudah belajar”
|
Kegiatan Akhir
17. siswa menunjukkan tangan, lalu meyampaikan apa yang di dapatnya “saya
bu, tata tertib di rumah adalah membantu ibu. Tata tertib di sekolah datang
tepat waktu
18.siswa menjawab “udah mengerti bu” siswa membuka buku paket “udah faham
bu” siswa mendengarkan penjelasan guru “iya bu”
19. siswa merapikan buku dan memasukkan buku ke dalam tas. Dan ketua
kelas menyiapkan temannya “berdoa mulai. Rabbana atina fiddunya hasanah wafil
akhirati hasanah wakina azza bannar
|
± 10 menit
|
H.
Alat
peraga dan sumber belajar
-
Sumber belajar
·
Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas II, Nuruddin, Penerbit Erlangga
-
Alat Peraga
·
Gambar tata tertib di
rumah dan di sekolah
I.
Penilaian
hasil belajar
-
Teknik
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
-
Instrumen
·
Soal (objektif, uraian)
Soal Objektif
1. Tata
tertib di sekolah merupakan aturan yang harus kita ...
a. Hindari b. Takuti c. Taati
2. Anak
yang baik harus ... baik di rumah maupun di sekolah
a. Malas b. Tertib c. Nakal
3. Diana
adalah murid yang tertib, beliau tidak pernah ... ke sekolah
a. Masuk b. Terlambat c. datang
4. karena
berprilaku baik dan tertib diana menjadi anak ...
a. pemalas b. Cerdas c. cengeng
5. ketika
buk guru sedang menerangkan pelajaran, sebaiknya kita ...
a. bernyanyi b.
Ngobrol c. mendengarkan dengan seksama
6. siswa
yang tertib pasti membuang sampah di ...
a. kali b. tempat sampah c. sungai
7. yang
termasuk prilaku anak yang tertib adalah ...
a. selalu
datang terlambat b.
tidak pernah bolos c.tidak
berpakaian rapi
8. siswa
yang rajin dan tertib sebelum tidur ...
a. membaca
do’a terlebih dahulu b. makan terlebih dahulu c. tidak cuci kaki
9. Contoh
hidup tertib di sekolah adalah ...
a. Terlambat
sekolah b. Mendengarkan guru yang
mengajar c. Ribut di kelas
10. Tujuan
dibuatnya ketertiban agar tidak ...
a. Kacau b. Susah c. Teratur
Soal Uraian
1. Tata
tertib di buat untuk ...
2. Terlambat
datang ke sekolah termasuk sikap ...
3. Di
kelas agar tertib kita tidak boleh bersikap ...
ketika sedang belajar
4. ...
merupakan contoh hidup tertib.
5. Contoh
tata tertib di rumah adalah ...
Kunci Jawaban
Soal Objektif
1. C.
Taati
2. B.
tertib
3. B.
terlambar
4. B.
Cerdas
5. C.
mendengarkan dengan seksama
6. B.
tempat sampah
7. B.
tidak pernah bolos
8. A.
membaca do’a terlebih dahulu
9. B.
Mendengarkan guru yang mengajar
10. C.
Teratur
Kunci Uraian
1. Supaya
teratur
2. Tidak
mematuhi tata tertib sekolah
3. Nakal
4. Datang
tepat waktu
5. Membantu
ibu
Mengatahui Bangkinang,
25 - 04 – 2016
Kepala
Sekolah Guru
Kelas I
NOR
DIANA NATASYA
1586206020
0 komentar:
Posting Komentar