KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)
EDISI REVISI TEORI BLOOM
RANAH KOGNITIF
MENGINGAT
(C1)
Mengetahui ...... Misalnya: istilah, fakta,
aturan, urutan, metoda
|
MEMAHAMI
(C2)
Menterjemahkan, Menafsirkan, Memperkirakan,
Menentukan ... Misalnya: metode, prosedur
Memahami .... misalnya: konsep, kaidah, prinsip,
kaitan antara, fakta, isi pokok. Mengartikan Menginterpretasikan ...
misalnya: tabel, grafik, bagan
|
MENERAPKAN
(C3)
Memecahkan masalah, Membuat bagan/grafik,
Menggunakan .. misalnya: metoda, prosedur, konsep, kaidah, prinsip
|
MENGANALISIS
(C4)
Mengenali kesalahan Memberikan .... misalnya:
fakta-fakta, Menganalisis ... misalnya: struktur, bagian, hubungan
|
MENGEVALUASI
(C5)
Menilai berdasarkan norma internal ....
misalnya: hasil karya, mutu karangan, dll.
|
MENCIPTAKAN
(C6)
Menghasilkan ... misalnya: klasifikasi,
karangan, teori
Menyusun .... misalnya: laporan, rencana, skema,
program, proposal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Menemukenali
(identifikasi)
Mengingat
kembali
Membaca
Menyebutkan
Melafalkan/melafazkan
Menuliskan
Menghafal
Menyusun daftar
Menggarisbawahi
Menjodohkan
Memilih
Memberi
definisi
Menyatakan
dll
|
Menjelaskan
Mengartikan
Menginterpretasikan
Menceritakan
Menampilkan
Memberi contoh
Merangkum
Menyimpulkan
Membandingkan
Mengklasifikasikan
Menunjukkan
Menguraikan
Membedakan
Menyadur
Meramalkan
Memperkirakan
Menerangkan
Menggantikan
Menarik
kesimpulan
Meringkas
Mengembangkan
Membuktikan
Dll.
|
Melaksanakan
Mengimplementasikan
Menggunakan
Mengonsepkan
Menentukan
Memproseskan
Mendemonstrasikan
Menghitung
Menghubungkan
Melakukan
Membuktikan
Menghasilkan
Memperagakan
Melengkapi
Menyesuaikan
Menemukan
Dll
|
Mendiferensiasikan
Mengorganisasikan
Mengatribusikan
Mendiagnosis
Memerinci
Menelaah
Mendeteksi
Mengaitkan
Memecahkan
Menguraikan
Memisahkan
Menyeleksi
Memilih
Membandingkan
Mempertentangkan
Menguraikan
Membagi
Membuat diagram
Mendistribusikan
Menganalisis
Memilah-milah
Menerima
pendapat
Dll.
|
Mengecek
Mengkritik
Membuktikan
Mempertahankan
Memvalidasi
Mendukung
Memproyeksikan
Memperbandingkan
Menyimpulkan
Mengkritik
Menilai
Mengevaluasi
Memberi saran
Memberi
argumen-tasi
Menafsirkan
Merekomendasi
Memutuskan
Dll.
|
Membangun
Merencanakan
Memproduksi
Mengkombinasikan
Merangcang
Merekonstruksi
Membuat
Menciptakan
Mengabstraksi
Mengkategorikan
Mengkombinasikan
Mengarang
Merancang
Menciptakan
Mendesain
Menyusun
kembali
Merangkaikan
Menyimpulkan
Membuat pola
Dll.
|
RANAH AFEKTIF
MENERIMA
Menunjukkan ....... Misalnya: kesadaran,
kemauan, perhatian.
Mengakui ......, misalnya: perbedaan,
kepentingan
|
MERESPON
Mematuhi ........ mis.: peraturan, tuntutan,
perintah.
Berperan aktif ....., mis: di laboratorium,
dalam diskusi, dalam kelompok, dalam organisasi, dalam kegiatan.
|
MENGHARGAI
Menerima suatu nilai, menyukai,
menyepakati. Menghargai .........
misal: karya seni, sumbangan ilmu, pendapt, gagasan dan saran
|
MENGORGANISASIKAN
Membentuk sistem nilai. Menangkap relasi antar
nilai. Bertanggung jawab.
Mengintegrasikan nilai.
|
KARAKTERISASI MENURUT NILAI
Menunjukkan ..... mis.: kepercayaan diri,
disiplin pribadi, kesadaran moral.
Mempertimbangkan. Melibatkan
diri.
|
A1
|
A2
|
A3
|
A4
|
A5
|
Menanyakan
Memilih
Mengikuti
Menjawab
Melanjutkan
Memberi
Menyatakan
Menempatkan
Dll.
|
Melaksanakan
Membantu
Menawarkan diri
Menyambut
Menolong
Mendatangi
Melaporkan
Menyumbangkan
Menyesuaikan
diri
Berlatih
Menampilkan
Membawakan
Mendiskusikan
Menyatakan
setuju
Mempraktekkan
Dll.
|
Menunjukkan
Melaksanakan
Menyatakan
pendapat
Mengambil
prakarsa
Mengikuti
Memilih
Ikut serta
Menggabungkan
diri
Mengundang
Mengusulkan
Membedakan
Membimbing
Membenarkan
Menolak
Mengajak
Dll.
|
Merumuskan
Berpegang pada
Mengintegrasikan
Menghubungkan
Mengaitkan
Menyusun
Mengubah
Melengkapi
Menyempurnakan
Menyesuaikan
Menyamakan
Mengatur
Memperbandingkan
Mempertahankan
Memodifikasi
Mengorganisasi
Mengkoordinir
Merangkai
Dll.
|
Bertindak
Menyatakan
Memperhatikan
Melayani
Membuktikan
Menunjukkan
Bertahan
Mempertimbangkan
Mempersoalkan
Dll.
|
RANAH PSIKOMOTOR
MENIRU
Menafsirkan rangsangan (stimulus). Kepekaan
terhadap rangsangan
|
MANIPULASI
Menyiapkan diri secara fisik
|
PRESISI
Berkonsentrasi untuk menghasilkan ketepatan
|
ARTIKULASI
Mengkaikan berbagai ketrampilan. Bekerja berdasarkan pola
|
NATURALISASI
Menghasilkan karya cipta. Melakukan sesuatu dengan ketepatan tinggi
|
P1
|
P2
|
P3
|
P4
|
P5
|
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
Mematuhi
Membedakan
Mempersiapkan
Menirukan
Menunjukkan
dll
|
Kembali membuat
Membangun
Melakukan,
Melaksanakan, Menerapkan
Memiaio
Mengawali
Bereaksi
Mempersiapkan
Memprakarsai
Menanggapi
Mempertunjukkan
Menggunakan’
Menerapkan
Dll.
|
Menunjukkan
Melengkapi Menunjukkan,
Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan
Mempraktekkan
Memainkan
Mengerjakan
Membuat
Mencoba’
Memposisikan
dll
|
Membangun
Mengatasi Menggabungkan
Koordinat, Mengintegrasikan Beradaptasi Mengembangkan Merumuskan, Memodifikasi
Memasang
Membongkar
Merangkaikan
Menggabungkan
Mempolakan
Dll.
|
Mendesain
Menentukan
Mengelola
Menciptakan
Membangun
Membuat
Mencipta menghasilkan
karya
Mengoperasikan
Melakukan
Melaksananakan
Mengerjakan
Menggunakan
Memainkan
Mengatasi
Menyelesaikan \dll.
|
Kata Kerja Operasional (KKO)
Sesuai Taksonomi Bloom
Tabel 1 : Kata Kerja Ranah
Kognitif
Pengetahuan
C1
|
Pemahaman
C2
|
Penerapan
C3
|
Analisis
C4
|
Sintesis
C5
|
Penilaian
C6
|
Mengutip Menyebutkan Menjelaskan
Menggambar Membilang Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukkan Memberi label Memberi indeks Memasangkan Menamai Menandai Membaca Menyadari Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menyatakan Mempelajari Mentabulasi Memberi kode Menelusuri Menulis |
Memperkirakan Menjelaskan Mengkategorikan
Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung Mengkontraskan Mengubah Mempertahankan Menguraikan Menjalin Membedakan Mendiskusikan Menggali Mencontohkan Menerangkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan |
Menugaskan Mengurutkan Menentukan
Menerapkan Menyesuaikan Mengkalkulasi Memodifikasi Mengklasifikasi Menghitung Membangun Membiasakan Mencegah Menentukan Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mengoperasikan Mempersoalkan Mengkonsepkan Melaksanakan Meramalkan Memproduksi Memproses Mengaitkan Menyusun Mensimulasikan Memecahkan Melakukan Mentabulasi Memproses Meramalkan |
Menganalisis Mengaudit Memecahkan
Menegaskan Mendeteksi Mendiagnosis Menyeleksi Merinci Menominasikan Mendiagramkan Megkorelasikan Merasionalkan Menguji Mencerahkan Menjelajah Membagankan Menyimpulkan Menemukan Menelaah Memaksimalkan Memerintahkan Mengedit Mengaitkan Memilih Mengukur Melatih Mentransfer |
Mengabstraksi Mengatur Menganimasi
Mengumpulkan Mengkategorikan Mengkode Mengombinasikan Menyusun Mengarang Membangun Menanggulangi Menghubungkan Menciptakan Mengkreasikan Mengoreksi Merancang Merencanakan Mendikte Meningkatkan Memperjelas Memfasilitasi Membentuk Merumuskan Menggeneralisasi Menggabungkan Memadukan Membatas Mereparasi Menampilkan Menyiapkan Memproduksi Merangkum Merekonstruksi |
Membandingkan Menyimpulkan Menilai
Mengarahkan Mengkritik Menimbang Memutuskan Memisahkan Memprediksi Memperjelas Menugaskan Menafsirkan Mempertahankan Memerinci Mengukur Merangkum Membuktikan Memvalidasi Mengetes Mendukung Memilih Memproyeksikan |
Tabel 2. Kata Kerja Ranah
Afektif
Menerima
A1
|
Menanggapi
A2
|
Menilai
A3
|
Mengelola
A4
|
Menghayati
A5
|
Memilih Mempertanyakan Mengikuti
Memberi Menganut Mematuhi Meminati |
MenjawabMembantu Mengajukan
Mengompromikan Menyenangi Menyambut Mendukung Menyetujui Menampilkan Melaporkan Memilih Mengatakan Memilah Menolak |
Mengasumsikan Meyakini Melengkapi
Meyakinkan Memperjelas Memprakarsai Mengimani Mengundang Menggabungkan Mengusulkan Menekankan Menyumbang |
Menganut Mengubah Menata
Mengklasifikasikan Mengombinasikan Mempertahankan Membangun Membentuk pendapat Memadukan Mengelola Menegosiasi Merembuk |
Mengubah perilaku Berakhlak mulia Mempengaruhi
Mendengarkan Mengkualifikasi Melayani Menunjukkan Membuktikan Memecahkan |
Tabel 3. Kata Kerja Ranah
Psikomotorik
Menirukan
P1
|
Memanipulasi
P2
|
Pengalamiahan
P3
|
Artikulasi
P4
|
Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan
Melamar Mengatur Mengumpulkan Menimbang Memperkecil Membangun Mengubah Membersihkan Memposisikan Mengonstruksi |
Mengoreksi Mendemonstrasikan Merancang
Memilah Melatih Memperbaiki Mengidentifikasikan Mengisi Menempatkan Membuat Memanipulasi Mereparasi Mencampur |
Mengalihkan Menggantikan Memutar
Mengirim Memindahkan Mendorong Menarik Memproduksi Mencampur Mengoperasikan Mengemas Membungkus |
Mengalihkan Mempertajam Membentuk
Memadankan Menggunakan Memulai Menyetir Menjeniskan Menempel Menseketsa Melonggarkan Menimbang |
Tabel 4. Tingkat
Kompetensi Kata Kerja Operasional
No
|
Klasifikasi Tingkat Kompetensi
|
Kata Kerja Operasional yang Digunakan
|
1
|
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
|
1. Mendeskripsikan (describe)2. Menyebutkan kembali (recall)
3. Melengkapi (complete)
4. Mendaftar (list) 5. Mendefinisikan (define) 6. Menghitung (count) 7. Mengidentifikasi (identify) 8. Menceritakan (recite) 9. Menamai (name) |
2
|
Memproses (processing)
|
1. Mensintesis (synthesize)2. Mengelompokkan (group) 3.
Menjelaskan (explain)
4. Mengorganisasikan (organize) 5. Meneliti/melakukan eksperimen (experiment) 6. Menganalogikan (make analogies) 7. Mengurutkan (sequence) 8. Mengkategorikan (categorize) 9. Menganalisis (analyze) 10. Membandingkan (compare) 11. Mengklasifikasi (classify) 12. Menghubungkan (relate) 13. Membedakan (distinguish) Mengungkapkan sebab (state causality) |
3
|
Menerapkan dan mengevaluasi
|
1. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle)2. Membuat model
(model building) 3. Mengevaluasi (evaluating)
4. Merencanakan (planning) 5. Memperhitungkan/meramalkan kemungkinan (extrapolating) 6. Memprediksi (predicting) 7. Menduga/Mengemukakan pendapat/ mengambil kesimpulan (inferring) 8. Meramalkan kejadian alam/sesuatu (forecasting) 9. Menggeneralisasikan (generalizing) 10. Mempertimbangkan /memikirkan kemungkinan-kemungkinan (speculating) 11. Membayangkan /mengkhayalkan/ mengimajinasikan (Imagining) 12. Merancang (designing) 13. Menciptakan (creating) 14. Menduga/membuat dugaan/ kesimpulan awal (hypothezing) |
0 komentar:
Posting Komentar