PEMETAAN KOMPETENSI DASAR (KD)
KELAS / SEMESTER : II / I
No
|
Tema
|
Mata Pelajaran
|
||||
IPS
|
IPA
|
MTK
|
B.Indonesia
|
Seni Budaya
|
||
1
|
Hewan
|
1.1 memelihara dokumen dan
koleksi benda berharga miliknya
|
1.1
mengenal bagian – bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
melalui pengamatan
1.2
mengindentifikasikan perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam
ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
|
1.1 membandingkan bilangan sampai
500
1.2 menggunakan bilangan sampai
500
|
1.1 menyebutkan kembali dengan
kata – kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
2.2 menceritakan kegiatan sehari
– hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.1 bertanya kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
3.1 menyimpulkan isi teks pendek
(10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
4.2 menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
|
1.1 mengenal unsur rupa pada
karya seni rupa
1.2 menunjukkan sikap apresiatif
terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
2.2 mengekspresikan diri melalui
teknik cetak tunggal
3.1 mengidentifikasi unsur musik
dan berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik
4.2 mengekspresikan diri melalui
alat musik/ sumber bunyi sederhana
4.3 menyanyikan lagu wajib dan
lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
|
2
|
Tumbuhan
|
1.1 memelihara dokumen dan
koleksi benda berharga miliknya
|
1.1 mengenal bagian – bagian
utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
1.2 mengindentifikasikan
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan
(dari biji menjadi tanaman)
|
1.3 menentukan nilai tempat
ratusan, puluhan, dan satuan
1.4 mengingat kembali penjumlahan
dan pengurangan bilangan
|
1.1 menyebutkan kembali dengan
kata – kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
2.1 bertanya kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
3.1 menyimpulkan isi teks pendek
(10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
4.2 menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
|
4.3 menyanyikan lagu wajib dan
lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
1.1 mengenal unsur rupa pada
karya seni rupa
2.1 mengekspresikan diri melalui
cetak tunggal
|
3
|
Pemainan
|
1.2 memanfaatkan dokumen dan
benda penting keluarga sebagai sumber cerita
|
2.1 mengidentifikasikan ciri –
ciri benda padat dan benda cair yang ada dilingkungan sekitar
2.2 menunjukkan perubahan bentuk
dan wujud benda (plastisin / tanah liat / adonan tepung) akibat dan kondisi
tertentu
|
1.4 mengingat kembali penjumlahan
dan pengurangan bilangan
|
1.1 menyebutkan kembali dengan
kata – kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
3.1 menyimpulkan isi teks pendek
(10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
1.2
mendeskripsikan isi puisi
3.2 menjelaskan isi puisi anak
yang dibaca
2.2 menceritakan kegiatan sehari
– hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
4.1 melengkapi cerita sederhana
dengan kata yang tepat
4.2 menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
|
4.3 menyanyikan lagu wajib dan
lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
3.1 mengidentifikasi unsur musik
dan berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik
4.2 mengekspresikan diri melalui
alat musik/ sumber bunyi sederhana
3.2 membedakan antara nada
dengan irama
6.1 menggerakan tubuh secara
spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
|
4
|
Kegiatan Sehari - hari
|
1.2 memanfaatkan dokumen dan
benda penting keluarga sebagai sumber cerita
1.3 menceritakan peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
|
2.3 mengidentifikasi benda –
benda dikenal kegunaannya melalui pengamatan
|
1.4 mengingat kembali penjumlahan
dan pengurangan bilangan
|
2.2 menceritakan kegiatan sehari
– hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.3 mendeklamasikan puisi dengan
eksperi yang tepat
2.1 bertanya kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
4.2 menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
|
1.1 mengenal unsur rupa pada
karya seni rupa
1.2 menunjukkan sikap apresiatif
terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
4.3 menyanyikan lagu wajib dan
lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
4.1
memperagakan dinamik sederhana
5.1 mengidentifikasikan gerak
alam semesta
5.2 menunjukkan sikap apresiatif
terhadap gerak alam semesta
6.2 menanggapi gerak alam semesta
dalam bentuk gerakan tari
|
5
|
Hiburan
|
1.3 menceritakan peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
|
1.3 mengidentifikasi berbagai
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
|
2.1 menggunakan alat ukur waktu
dengan satuan jam
|
2.3 mendeklamasikan puisi dengan eksperi
yang tepat
1.2
mendeskripsikan isi puisi
3.2 menjelaskan isi puisi anak
yang dibaca
4.1 melengkapi cerita sederhana
dengan kata yang tepat
2.2 menceritakan kegiatan sehari
– hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.1 bertanya kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
1.1 menyebutkan kembali dengan
kata – kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
3.1 menyimpulkan isi teks pendek
(10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
4.2 menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
|
4.3 menyanyikan lagu wajib dan
lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
6.1 menggerakan tubuh secara
spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
7.1 menjelaskan cara pembuatan
cat pewarna dari bahan alam
7.2 menyiapkan bahan alam untuk
pembuatan cat
7.3 membuat cat pewarna dari
bahan alam
2.2 mengekspresikan diri melalui
teknik cetak tunggal
|
6
|
Pariwisata
|
1.2 memanfaatkan dokumen dan
benda penting keluarga sebagai sumber cerita
1.3 menceritakan peristiwa
penting dalam keluarga secara
kronologis
|
1.4 mengidentifikasikan makhluk
hidup yang menguntungkan dan membahayakan
|
2.2 menggunakan alat ukur panjang
tidak baku dan baku (Cm, m) yang sering digunakan
2.3
menggunakan alat ukur berat
2.4 menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan berat benda
|
1.2
mendeskripsikan isi puisi
2.2 menceritakan kegiatan sehari
– hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
4.1 melengkapi cerita sederhana
dengan kata yang tepat
2.1 bertanya kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
|
4.3 menyanyikan lagu wajib dan
lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
1.1 mengenal unsur rupa pada
karya seni rupa
1.2 menunjukkan sikap apresiatif
terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
2.1 mengekspresikan diri melalui
cetak tunggal
4.2 mengekspresikan diri melalui
alat musik/ sumber bunyi sederhana
4.4 mementaskan permainan musik
dengan alat musik sederhana di depan penonton
|
0 komentar:
Posting Komentar